Selasa, 18 Januari 2011

Info Per 19-01-2011:

Program Remedial Mata Kuliah Tata Bahasa Jawa
yang Diampu oleh Dr. H. Sumarlam, M. S.

Yth. Bapak/Ibu Mahasiswa S-2 PBSJ UNS
Dengan hormat,
Berdasarkan perintah Dr. Sumarlam selaku dosen pengampu mata kuliah, diberitahukan bahwa hasil penilaian mata kuliah (sebelum digabung dengan Prof. Edi) ini tidak ada yang mencapai nilai A maka mahasiswa diwajibkan melakukan remedial dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Menyempurnakan makalah kelompok dengan tema partikel dalam bahasa Jawa dengan menambahkan dan mengaplikasikan OBJEK KAJIAN pada makalah yang kemarin.

2. Adapun pilihan objek kajian adalah:
a. Partikel basa Jawa ing cerkak (Arief Rahmawan)
b. Partikel basa Jawa ing cerita rakyat (Totok Yasmiran)
c. Partikel basa Jawa ing dongeng (Aris)
d. Partikel basa Jawa ing Limbukan (Wahyu T W)
e. Partikel basa Jawa ing dhagelan (Sapto Sunarso)
f. Partikel basa Jawa ing gara-gara (Danar S. )
g. Partikel basa Jawa ing pachelaton padinan (Siti Rochani)
h. Partikel basa Jawa ing SMS (Gunadi B)
3. Makalah ditulis dalam basa Jawa ragam ngoko/krama

4. Setiap objek wajib digunakan sehingga hanya ada 8 kelompok dengan anggota 2 dan sisanya 3 orang. Untuk memudahkan pembagian kelompok sama seperti dulu dan pembagian materi liat poin 2 di atas. Nama dalam kurung selaku ketua kelompok.

5. Makalah wajib dikumpulkan paling lambat SELASA, 25 JANUARI 2011 pukul 20.00 WIB dalam bentuk softcopy dan dikirim ke rachmawan_arif@yahoo.com karena nanti harus dikumpulkan dalam bentuk buku kumpulan karya jadi harus saya kumpulkan dulu dan diberi kata pengantar oleh ketua kelas.

6. Mengingat tugas harus saya edit dan saya kumpulkan dulu maka makalah yang terlambat tidak akan dijadikan dalam satu buku. (mohon maaf kalau tidak nyaman mengingat saya lagi banyak tugas bpk/ibu heheheh...)

7. Format dibuat tidak per bab melainkan dibuat subbab sebagai berikut,
Judul
Nama penulis
A. Pendahuluan (memuat latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penulisan) secara terintegrasi bukan dipisah-pisah menjadi bagian-bagian.
B. Kajian teori
C. Pembahasan (memuat deskripsi data, jenis, posisi kemunculan partikel dalam kalimat, kemungkinan munculnya partikel ganda dalam satu ujaran, intensitas kemunculan partikel tersebut)
D. Simpulan
E. Daftar pustaka
F. Lampiran (berupa objek yang dikaji jika perlu)

8. Format kertas A4, 1,5 spasi, times new roman 12 pt, margin atas 3, margin kiri 4, margin bawah 4, margin kanan 3. Tidak perlu ada nomor halaman karena nanti menyesuaikan jika yang sudah dikumpulkan. Judul utama tebal 14 pt dan kapital. Subjudul dibuat tebal ukuran 12 pt.

9. Hal-hal yang belum termuat/tidak jelas silakan menghubungi Pak Marlam untuk penjelasan lebih lanjut. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar