Minggu, 03 Juli 2011

UAS Tingkat Tutur

Yth. Bapak/Ibu Mahasiswa PBSJ

Inilah yang ditunggu-tunggu.hehehehehe...Mohon maaf baru bisa unggah naskah ujian Prof. Edi. Ada beberapa sebab yang tidak bisa saya sampaikan. Terima kasih.
Berikut soal Ujian Akhir Semester yang harus dikerjakan. Dikumpulkan paling lambat tanggal 11 Juli 2011 bersamaan dengan tigas Prof. Sumarlam.

1. Buatlah dialog dengan menggunakan tingkat tutur yang tepat dalam bahasa Jawa antara R. Ay. Hj. Sumaryono (perias pengantin terkenal si Surakarta) dengan KRT Suryo Subroto beserta ibu yang bertempat tinggal di Baluwarti Surakarta. Isi dialog KRT Suryo Subroto beserta ibu meminta bantuan kepada R. Ay. Hj. Sumaryono untuk merias pengantin yang akan dilaksanakan 1 bulan kemudian. Kedatangan KRT Suryo Subroto beserta ibu juga bermaksud untuk meminjam pakian lengkap (Jawi jangkep) bagi pengantin berdua. Juga bermaksud meminjam pakaian Jawi jangkep untuk KRT beserta ibu dan untuk besan, termasuk patah sakembaran, dan para among tamu (sampaikan deskripsi pakaian seperti motif, keris, kain, dodot, maupun perlengkapan lainnya utamanya untuk pakaian laki-laki)!

2. Buatlah dialog antarkedua penutur yang muncul kata-kata seperti panjenengan paringi, kula aturi, panjenengan aturi, kula paringi, takwenehi, takparingi, sampeyan paringi, sampeyan aturi, sampeyan caosi, panjenengan caosi, panjenengan aturi priksa, panjenengan aturi uninga dll. Sampaikan latar sosio kultural sebelumnya.
Mohon dipahami sendiri maksudnya karena ini saya tulis berdasarkan ngendikanipun Prof. Edi apa adanya tdk saya ubah.... makasie.. sugeng makarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar